Kamis, 08 Juli 2021

Cara Merawat Mobil Baru Agar Awet

 

Mobil Mitsubishi

Adanya fasilitas cicilan kredit mobil Mitsubishi tentunya sangat membantu Anda untuk bisa memiliki mobil idaman dalam waktu lebih singkat. Sebab Anda tidak perlu menunggu tabungan hingga senilai harga mobil untuk bisa membelinya.


Nah, setelah mobil resmi menjadi milik Anda maka wajib bagi Anda untuk melakukan perawatan yang benar agar semakin awet. Berikut ini adalah perawatan yang dimaksud:


1.      Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Sebagai bahan penggerak, bahan bakar tentu adalah komponen yang penting. Meskipun terlihat sama, tentunya tiap jenis bahan bakar memiliki kandungan yang berbeda. Agar mesin mobil Anda tetap awet, gunakan bahan bakar yang sesuai dan disarankan oleh pabrikan mobil.

Jika tidak menggunakan bahan bakar yang tepat, alih-alih bisa berjalan dengan baik, mobil malah bisa macet dan tentunya merusak mesin. Anda juga harus segera membawa ke bengkel untuk menguras tangki agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.


2.      Rutin Mengganti Oli

Oli juga salah satu komponen utama yang harus diperhatikan. Setiap enam bulan sekali, Anda harus rutin mengganti oli di bengkel resmi. Namun, jika mobil Anda cukup sering digunakan, maka jadikan jarak sebagai indikator waktu ganti oli, yaitu setiap 10.000 km.

Selamajangka waktu tersebut, kekentalan oli mulai berkurang sehingga dapat mengurangi performanya. Selain itu, semakin lama oli juga akan semakin kotor karena terkontaminasi serpihan halus yang berasal dari mesin.


3.      Pastikan Air Radiator Cukup

Pada saat mesin bekerja, suhu pada mesin pasti akan meningkat. Agar peningkatan suhu tersebut selalu berada dalam batas normal, setiap mesin pasti memiliki sistem pendinginan, begitu pula mesin mobil.

Air radiator merupakan salah satu komponen penting yang berperan dalam sistem pendinginan tersebut. Dalam kondisi normal, air radiator seharusnya tetap stabil dan lama sekali berkuranggnya. Namun untuk keamanannya, pastikan air radiator selalu berada pada level di antara batas minimum dan maksimum sebelum memulai perjalanan, terutama perjalanan jauh.


4.      Selalu Melakukan Servis Rutin

Selalu jadwalkan mobil Anda untuk menjalani servis secara berkala. Ketika membawanya ke tempat servis, maka seluruh kondisi mesin akan diperiksa oleh teknisi. Dari mulai sistem pendinginan, kelistrikan, pengapian, pengereman, dan sebagainya. jangan lupa, selalu gunakan jasa bengkel resmi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Dengan perawatan yang benar, maka mobil bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, performa mobil juga lebih terjaga dan tentunya Anda akan lebih nyaman serta aman saat berkendara.


Banyak orang yang terkadang menunda perawatan mobil karena merasa mobilnya baik-baik saja sehingga lebih baik uangnya digunakan untuk kebutuhan lain. Namun berhati-hatilah, terkadang kebiasaan ini justru membuat sebuah kerusakan yang awalnya kecil menjadi besar dan biaya yang dibutuhkan akan membengkak. Itulah sebabnya, pastikan Anda tidak mengabaikannya ya!

0 komentar:

Posting Komentar