Sabtu, 22 Mei 2021

5 Destinasi Wisata Sejarah Surabaya, Apa Saja?

Tugu Pahlawan


Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan, ternyata memiliki sederet tempat hangout di Surabaya. Tak hanya itu, yang menarik, tempat wisata ini tak hanya sekadar taman atau restoran, tetapi juga wisata-wisata sejarah.


Oleh karena itu, tidak heran jika di setiap sudut Surabaya pasti memiliki lokasi wisata sejarah yang penting dan perlu Anda ketahui. Apa saja, ya? Simak daftarnya berikut ini, yuk!


  1. Tugu Pahlawan

Bicara soal Surabaya, tentu tak bisa lepas dari Tugu Pahlawan. Bahkan, Tugu Pahlawan ini sudah menjadi ikon Surabaya; mirip seperti Monas-nya Jakarta dan Tugu Muda-nya Semarang. Berlokasi di kawasan Taman Kebonrojo, Tugu Pahlawan ini dibangun sebagai simbol untuk memeringati Pertempuran 10 November 1945, yang kemudian menjadi asal-muasal peringatan Hari Pahlawan setiap tahunnya.


  1. Museum Surabaya

Di mana lagi Anda bisa belajar tentang sejarah kalau bukan di museum? Dan di Surabaya, Anda bisa belajar tentang sejarah Kota Surabaya di Museum Surabaya. Lokasinya ada di lantai dasar Gedung Siola, yang juga tak kalah bersejarah. Gedung Siola ini dulu bernama White Laidlaw dan pada mulanya didirikan sebagai gedung perusahaan tekstil Inggris. Menariknya, akses masuk ke Museum Surabaya tidak dikenai biaya sama sekali, alias gratis.


  1. Monumen Kapal Selam

Mumpung Anda sedang bermain di pusat kota Surabaya, Anda bisa sempatkan diri mampir ke Monumen Kapal Selam. Kalau museum umumnya berada di dalam bangunan, lain dengan monument ini yang asli merupakan kapal selam. Bahkan, kapal selam tersebut dulu adalah armada yang ikut berperang di Pertempuran Laut Aru.


  1. Jembatan Merah

Pada masa penjajahan Belanda, Jembatan Merah adalah penghubung menuju Gedung Karesidenan Surabaya antara Surabaya Timur dan Surabaya Barat, melalui Sungai Kalimas. Oleh sebab itu, kawasan di sekitarnya dulu merupakan kawasan pusat pemerintahan, bisnis, dan perdagangan. Jadi, tak heran kalau Anda bisa menemukan begitu banyak bangunan tua di kawasan ini, yang membuatnya juga ramai jadi spot berfoto-foto para turis.


  1. Jalan Gula dan Jalan Karet

Kawasan wisata yang satu ini juga tak kalah oke dan bisa jadi lokasi foto yang sangat estetis. Sebab, suasana kunonya masih sangat kental di setiap sudut dan lorong-lorongnya. Lokasinya sendiri tak jauh dari kawasan Jembatan Merah, jadi Anda bisa sekalian mengunjungi dua-duanya, kan? Jalan Gula sendiri dulu merupakan kawasan pabrik tembakau milik Belanda. Sedangkan Jalan Karet adalah salah satu kawasan perdagangan di Surabaya tempo dulu.


Itulah beberapa tempat wisata sejarah yang ada di Surabaya. Tertarik untuk mengunjunginya? Kalau iya, pastikan tempat-tempat tersebut masuk dalam daftar rencana liburan Anda, ya!

0 komentar:

Posting Komentar