Selasa, 10 November 2020

7 Keuntungan Investasi di Platform Finansial Teknologi

 

Fintech

Finansial teknologi terutama peer to peer lending terus berkembang seiring perkembangan teknologi yang tumbuh pesat. Adanya puluhan perusahaan yang telah resmi terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) membuktikan bahwa bisnis ini cukup diminati masyarakat.

 

Memang cukup banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan inovasi finansial ini. Tidak hanya bagi peminjam dana saja, namun juga bagi pemberi pinjaman. Bahkan ada perusahaan yang ikut andil membangun ekonomi Indonesia dengan menyediakan layanan keuangan hingga ke pelosok desa.

 

Berikut Ini Keuntungan Investasi di Finansial Teknologi

Apa saja keuntungan investasi di Fintech? Berikut ini penjelasannya:

 

1.     Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Tidak perlu modal yang besar, Anda yang berpenghasilan kecilpun bisa menjadi Lender atau pemberi pinjaman di perusahaan Fintek. Besar kecilnya dana yang bisa Anda investasikan tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Bahkan ada perusahaan yang menerima investasi minimal Rp 100.000.

 

2.     Membantu Meningkatkan Ekonomi Indonesia

Tidak hanya menguntungkan bagi Lender saja, adanya Fintech juga meningkatkan ekonomi Indonesia dengan membantu menyediakan dana untuk pelaku UKM. Dengan dana yang dipinjamkan, diharapkan UKM dapat berkembang sehingga ekonomi Indonesia meningkat.

 

3.     Mendapatkan Imbalan yang Tinggi

Semua orang yang melakukan investasi pasti mengharapkan imbalan, tak terkecuali dengan Lender yang menginvestasikan uangnya. Keuntungan dari investasi ini cukup tinggi dan menjanjikan terutama untuk Anda yang pintar memilih perusahaan Fintech.

 

Dengan menginvestasikan uang Anda di perusahaan Fintek, imbalan yang didapatkan dari suku bunga bisa mencapai 17% per tahun. Bahkan ada perusahaan yang berani memberikan imbalan hingga 20% per tahun. Angka tersebut sangat tinggi mengingat kebanyakan bunga yang didapatkan hanya 5,75%.

 

4.     Diawasi Langsung Oleh Otoritas Jasa Keuangan

Ketika akan menginvestasikan uang yang besar, Anda pasti was-was karena takut tertipu. Namun berbeda dengan Fintech OJK, perusahaan ini diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga aman.

 

Anda bisa melaporkan segala kejadian yang dianggap mencurigakan pada call center yang telah disediakan. Nomor OJK yang bisa Anda hubungi yaitu 1500655. Selain itu, Anda juga bisa mengirim email ke alamat waspadainvestasi@ojk.go.id.

 

5.     Bisa Memilih Sendiri Calon Peminjam Dana

Perusahaan financial technology akan memberikan data terkait calon peminjam dana kemudian Anda bisa memilih salah satu diantaranya. Hal tersebut menguntungkan karena Anda bisa mempertimbangkan dengan baik calon peminjam yang akan diberi pinjaman sehingga tidak salah memilih peminjam yang berakibat pada kerugian.

 

6.     Minim Risiko

Banyak yang berfikir, investasi dengan keuntungan tinggi pasti akan memberikan risiko yang cukup tinggi pula. Salah satu risiko yang bisa didapatkan yaitu peminjam dana tidak mengembalikan pinjamannya.

 

Meskipun memberikan keuntungan yang tinggi namun Fintech memiliki cara tersendiri untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Contohnya yaitu dengan memberikan persyaratan atau kriteria yang cukup ketat kepada calon peminjam serta melakukan validasi dengan baik sebelum menyetujui peminjaman.

 

7.     Segala Transaksi dapat Dilakukan Secara Online

Anda tidak perlu repot untuk meminjamkan dana kepada pelaku UKM karena semua proses dilakukan secara online. Dengan begitu Anda bisa berinvestasi hanya dari rumah saja. Selain itu, Anda bisa mengecek secara online proses pengembalian yang dilakukan peminjam.

 

Setelah mengetahui apa itu fintech dan berbagai keuntungan yang didapatkan dengan berinvestasi di Fintech atau Financial Technology, selanjutnya Anda harus memilih perusahaan yang aman dan terpercaya. Tidak usah bingung karena amartha.com menyediakan layanan peer to peer lending yang memungkinkan Anda untuk menjadi pemberi pinjaman. Langsung saja kunjungi website tersebut untuk informasi yang lebih lengkap.

 

0 komentar:

Posting Komentar