Jumat, 02 Oktober 2020

4 Cara Menentukan Harga Mobil Bekas Setelah Lulus Inspeksi

Inspektor Mobil Bekas

Ingin menjual mobil bekas tapi ragu dengan kondisinya? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas untuk menambah nilai jual dari kendaraan Anda. Selain itu, rasa aman dan terjamin akan mempermudah Anda untuk menjual mobil bekas Anda. Namun, ada beberapa fakta yang bisa jadi pertimbangan dalam menentukan harga mobil bekas setelah lulus dari inspeksi. Yuk simak penjelasan lebih lanjutnya!


Cara Menentukan Harga Yang Pantas Untuk Mobil Bekas


1. Situasi Perekonomian Yang Ikut Berpengaruh

Ada masanya harga mobil naik dan turun. Hal ini dipengaruhi oleh situasi yang ada. Sebagai contoh pada saat hari raya, harga cenderung naik karena mobil banyak dibutuhkan untuk alat transportasi mudik pribadi. Selain itu, ada juga masa ketika sedang krisis ekonomi atau resesi seperti masa wabah Covid – 19 ini, penjualan terbilang cenderung tidak lancar. Harga menjadi turun atau diadakan diskon yang cukup  besar.


2. Kondisi Mobil Yang Harus Diketahui

Dengan jasa inspeksi mobil bekas, Anda akan mendapatkan layanan yang menjamin kondisi mobil. Tentu saja hal ini menjadi faktor utama dalam menentukan harga dari mobil bekas. Untuk itu, dengan menggunakan jasa inspeksi Anda akan mengetahui kelayakan dari mobil baik mesin maupun interior dan eksterior. Dari pemeriksaan tersebut, Anda akan mempunyai dasar untuk melakukan negosiasi dengan pembeli mobil.


Selain itu, dengan mengetahui keadaan mobil, Anda akan terbebas dari kekhawatiran akan kemungkinan kerusakan yang terjadi. Meskipun tampilan luar dari mobil bekas mengkilap dan bagus yang menjadi faktor penentu harga tinggi, Anda juga harus memastikan kondisi dari kelayakan mesin yang ada di mobil second Anda. Pasalnya, hal ini menjadi faktor penentu harga jual mobil tersebut.


3. Cari Informasi Harga Yang Dipasarkan

Meskipun tidak ada patokan harga yang pasti, namun harga sebuah mobil bekas bisa diperkirakan rentang harga jualnya apabila lulus jasa inspeksi mobil bekas. Anda bisa menentukan harga antara atas dan bawah dari budget yang ada. Untuk lebih mudah, Anda bisa mengecek dari situs online marketplace yang ada di internet. Dari informasi harga yang ditawarkan di pasaran, setidaknya Anda bisa memperoleh gambaran.


4. Faktor yang Menentukan Harga Mobil Bekas

Banyak faktor yang bisa menentukan harga mobil bekas. Meski berasal dari jenis yang sama, harga dari mobil bisa sangat berbeda. Salah satu faktor yang bisa menentukan harga jual dari mobil adalah merek. Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa membedakan harga jual karena faktor tahun pembuat, tipe, negara pembuat dan kondisi mobil. Untuk itu, jangan ragu mencari informasi yang cukup tentang mobil yang akan Anda jual.


5. Melakukan Negosiasi Yang Wajar

Selain mencari informasi yang ada di e-commerce atau iklan di media, Anda harus menentukan harga dengan bernegosiasi. Jika memungkinkan, patoklah harga yang agak tinggi karena telah lulus jasa inspeksi mobil bekas tapi tatap masuk akal, sehingga pembeli masih tetap menghargai perbedaan pendapat. Sebab, harga bisa turun karena berbagai faktor. Misalnya pembeli ingin menyelesaikan transaksi karena ingin cepat memiliki mobil.


Itulah beberapa cara menentukan harga mobil bekas yang bisa Anda terapkan. Dengan menggunakan layanan pengecekan mobil bekas di Otospector, Anda bisa menaikkan harga jual mobil. Setelah mobil Anda lulus dari inspeksi, maka Anda akan mengetahui seberapa pantas harga kendaraan yang ingin dijual. Kondisi tersebut akan menjadi pertimbangan dalam menentukan kesesuaian harga dengan kondisi kendaraan second tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar