Minggu, 27 September 2020

Jadi Terobosan Baru Untuk Mudahkan Penawar, Simak Cara Ikuti Lelang Online Disini

 

Lelang Online

Bagi anda yang ingin mendapatkan suatu produk dengan harga lebih terjangkau, maka jalan salah satunya adalah dengan mengikuti lelang. Anda akan mendapatkan kesempatan mendapatkan segala produk yang diinginkan dengan harga miring daripada harga pasarannya. Saat ini pemerintah telah memberikan situs resmi untuk lelang barang atau harta benda bagi masyarakatnya. Jika anda berminat, perhatikan beberapa cara mengikuti lelang online berikut.

Cara Mengikuti Lelang Via Online

Salah satu situs resmi pemerintah yang menyediakan lelang secara online ialah lelang.go.id. Situs tersebut dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan yang melakukan kerja sama dengan beberapa bank nasional seperti, BNI, Mandiri, BTN, dan BRI. Beberapa jenis barang yang dilelang pun cukup beragam mulai dari aset properti seperti tanah, rumah, dan villa hingga beberapa benda keperluan seperti objek inventaris dan elektronik.

Ditjen Kekayaan Negara telah menyiapkan 71 cabang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), untuk bisa membuat proses terlebih lebih mudah diakses oleh masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Agar bisa mengikuti lelang secara online tersebut anda bisa mengakses lelang.go.id di smartphone. Jika sudah terpasang, selanjutnya mendaftar akun lelang online tersebut dengan mengisi biodata diri.

Biodata yang dimaksud seperti nama lengkap, email, nomor ponsel, dan password. Setelah mengisi biodata tersebut, kemudian aktivasi akun anda melalui email. Jika sudah diaktivasi dan masuk ke laman lelang.go.id, anda tinggal memilih benda yang ingin anda beli di beranda berdasarkan kategori benda atau kantor cabang yang tersedia. Kemudian silahkan klik kotak yang bertuliskan “ikut lelang”.

Centang status keikutsertaan anda dengan memilih salah satu opsi yaitu “saya mengikuti lelang ini untuk diri saya sendiri” atau “saya mengikuti lelang atas kuasa dari badan hukum”. Jika anda sudah memilih salah satu opsi tersebut, selanjutnya lengkapi beberapa dokumen yang disyaratkan dalam pengumuman lelang. Lalu centang pernyataan “saya berkehendak untuk mengikuti lelang serta telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan lelang ini.”

Setelah itu klik kotak “ikut lelang ini”, kemudian anda dapat setor uang jaminan lelang online berdasarkan petunjuk pembayaran yang telah disediakan. Selanjutnya anda tinggal menunggu verifikasi penyetoran uang jaminan dari Pegawai KPKNL setempat, untuk dapat mengajukan penawaran lelang. Berdasarkan ketentuan yang berlaku, peserta yang mempunyai penawaran tertinggi yang melampaui nilai limit maka akan disahkan oleh Pejabat Lelang sebagai pembeli.

Jika ada penawaran tertinggi yang sama, maka pengesahan yang dilakukan Pejabat Lelang ditentukan berdasarkan kecepatan penawaran tersebut. Seperti pelelangan pada umumnya, seorang penawar yang menang lelang akan diakui sebagai pembeli oleh pejabat lelang serta wajib melunasi segala kewajibannya. Apabila pembayaran tidak dilunasi sesuai ketentuan dan tenggang waktu yang ditentukan, maka pengesahan sebagai pembeli tersebut akan dibatalkan.

Dengan begitu pembeli tidak diperkenankan mengambil barang yang telah dibeli sebelum melunasi pembayaran tersebut. Objek lelang online dapat diambil dengan mendatangan KPKNL, untuk meminta kwitansi atau bukti penulisan dan kutipan risalah lelang. Beberapa berkas tersebut nantinya akan ditukarkan dengan barang yang telah dibeli kepada penjual. Dengan catatan pemenang harus mengambil sendiri dan berkoordinasi dengan penjual.

Itulah cara untuk mengikuti lelang secara online melalui situs resmi pemerintah yaitu lelang.go.id. Anda bisa menerapkannya apabila menginginkan produk yang dijual dengan harga miring daripada di pasaran. Selain mengikuti lelang, anda juga bisa mengajukan lelang melalui laman tersebut dengan mengikuti beberapa cara yang sudah tersedia di website. Pastikan juga bahwa barang yang akan anda beli dari laman tersebut masih layak untuk digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar